Kecap Khas Purwodadi

BERKUNJUNG ke Kabupaten Grobogan, rasanya belum lengkap bila Anda tidak membeli oleh-oleh kecap cap Udang asli Purwodadi. kenapa tidak? Selain rasanya nikmat, gurih, berprotein tinggi, harganya pun terjangkau.

Kata “kecap”, diduga diambil dari bahasa Amoy kôechiap atau kê-tsiap.
Kecap adalah bumbu dapur atau penyedap makanan yang berupa cairan berwarna hitam yang rasanya manis atau asin. Bahan dasar pembuatan kecap umumnya adalah kedelai atau kedelai hitam. Namun adapula kecap yang dibuat  dari bahan dasar air kelapa yang umunya berasa asin. Kecap manis biasanya kental dan terbuat dari kedelai, sementara kecap asin lebih cair dan terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut. Selain berbahan dasar kedelai atau kedelai hitam bahkan air kelapa, kecap juga dapat dibuat dari ampas padat dari pembuatan tahu.
Kecap Purwodadi ini berasal dari Jl. Siswa 12 Purwodadi, Kabupaten Grobogan.

Produk ini dibuat oleh Ny. Oei Hok Hoo (78 thn) dan sudah dikenal sejak tahun 1960. Pada tahun 1930, kecap ini dikenal dengan nama kecap cap Potret. Pengubahan merk kecap ini terinspirasi dari merk teh oleh suami Ny. Oei Hok Hoo
Kecap ini diproduksi 480 botol setiap harinya. Cara pengolahannya manual, tanpa menggunakan mesin canggih.
Bahan baku kecap ini : kacang kedelai, gula, garam yang direbus menggunakan wajan besar. 480 botol kecap ini memerlukan 50 kg kedelai, 100 kg gula jawa, dan 10 kg garam dengan proses selama 1 minggu. Kecap ini sudah diakui rasanya oleh Kalangan Luas.
Dan tak jarang pula yang berkunjung ke purwodadi membeli kecap cap udang ini sebagai buah tangan mereka.

Oleh : Findjay http://findjay.wordpress.com/2010/12/22/kecap-khas-purwodadi/